Setelah itu tinggal lepas baut roda dengan kunci shocket 24mm cabut roda, tinggal congkel kampas rem.
Kampas rem belakang
Untuk proses pelepasan roda ada tips biar gampang copotnya yaitu pukul
pakai balok kayu kearah luar bagian bannya.jangan velgnya ya ntar
boncel,karena kadang bagian gerigi as roda suka karat dan bikin susah
copot rodanya.
Tinggal pasang aja kampas yang baru,nah disini saya punya tips biar
kampas rem gak gampang bunyi dan bikin pakem rem belakang yaitu bikin
alur buat tempat kotoran sisa gesekan kampas rem.
Kiri tanpa alur kanan dengan alur
Untuk bikin alurnya kita bisa pakai gergaji besi tapi agak
lama,yang paling gampang pakai gerinda,kedalaman kira2 2mm karena kalau
lebih dari itu bisa kena besi kampas yang bikin kampas bisa copot karena
daya rekat ke besi berkurang.kalau udah tinggal rangkai seperti
kebalikan kita bongkar.jangan sampai ada baut yang lebih ya.
Giliran kita eksekusi bagian depan kalau yang belakang dah kelar.Untuk
penggantian kampas depan sebenernya bisa tanpa copot roda depan behubung
ane gak punya kunci L belimbing akhirnya copot roda depan.dan
pencopotan kampas rem cuma melepas kunci penahan kampas rem dengan kunci
shocket 8mm
kalau udah kelepas tinggal masukin kampas rem yang baru,nah kalau kampas
rem depan udah ada alur buat buang kotoran tapi berhubung masih kurang
yang ane tambahin lagi :D.
Kampas depan dengan alur baru
Kalau udah beres tinggal rangkai kembali dan test performa rem tapi
jangan kaget kalau rem masih nyelonong karena masing butuh adaptasi
antara kampas rem yang baru dengan cakram sama tromol kira-kira jalan
2-3 KM dengan rem ringan biar cepet adaptasinya.inget ya ama di rem
kalau jalan 100 KM pun tanpa ngerem ya gak akan pakem-pakem
remnya.hehehehe
Total Cost
1.Kampas rem depan ORI AHM 45rb
2.Kampas rem belakan ORI AHM 45rb
Sekian Semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum.
sumber;
No comments:
Post a Comment